Minggu, 06 September 2020

Pembelajaran Daring dan Luring Yang Efektif dan Menyenangkan

Om Jay Motivator Pembelajaran Daring dan Luring

Minggu, 6 September 2020

Oleh Surmanto Adam
#AISEI_9

Pandemi covid-19 (corona virus) membuat situasi disemua sektor kehidupan masyarakat mengalami  perubah yang sangat besar. Dunia pendidikan merupakan salah satu yang terdampak dari situasi yang tidak menentu. Pembelajaran yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara online (daring).

Dalam situasi seperti ini guru dipaksa mampu menghadirkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Belajar secara daring (dalam jaringan) atau pun luring (luar jaringan) tetaplah menghadirkan perasaan yang menggembirakan baik bagi murid maupun gurunya. Dengan pembelajaran daring yang menyenangkan diharapkan materi yang disampaikan akan mampu diterima oleh para murid.

Agar pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik guru hendaknya mampu menjadi asitek atau sutradara pembelajaran. Dengan menjadi arsitek atau sutradara tentu guru dituntut mampu membuat skenario atau sistematika rencana pembelajaran yang baik. Selain mampu membuat sekenario rencana pembelajaran guru diharapkan mampu berpikir kreatif  atau berinovasi dalam melakukan pembaharuan pembelajaran.

Seorang guru dapat dengan bebas melakukan pembelajaran sesuai karakteristik siswa dan kondisi lingkungan belajarnya. Untuk menunjang ketercapaian dalam sebuah pembelajaran daring guru dapat berkolaboratif dengan teman sejawat, spesialis materi, pendesain visual, pendesain web atau pendesain pembelajaran.

Sering-seringlah mendengar dan memperhatikan siswa saat dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Membagi panggung pada siswa adalah salah satu bentuk penghargaan yang mampu mengubah pola pikir siswa terhadap kejenuhan belajar secara daring mau pun luring. Jika guru hanya fokus pada pemberian tugas atau materi yang harus diselesaikan siswa tentu akan memunculkan kejenuhan dalam pembelajaran daring dan luring.

Mengkombinasikan pembelajaran berbagai aplikasi  merupakan metode yang mampu mengatasi tingkat kejenuhan dalam belajar. Dalam situasi pandemi belajar daring dituntut mampu membuat peserta didik nyaman. Untuk menghadirkan kenyamanan tersebut guru dapat melakukan tatap muka melalui zoom, Video Call WhatsApp (WhatsApp Grup), Youtube chanel atau lainnya. Bahkan jangan segan-segan untuk guru menghubungi siswa yang belum menyelesaikan tugas. Dengan demikian guru dapat mengetahui kesulitan apa yang dialami siswa. 

Tidak menutup kemungkinan dalam pelaksanaan pembelajaran daring adanya ketidak jujuran orang tua maupun siswa. Bahkan pemicu ketidak jujuran tersebut dapat terjadi karena guru hanya memberikan tugas melalui pesan whatsApp atau menonton video pembelajaran tanpa ada interaksi guru dan siswa.
Peristiwa tersebut memunculkan tugas yang diberikan dan belum dipahami siswa dikerjakan oleh orang tua, hal ini dilakukan hanya untuk mengugurkan kewajiban siswa terhadap tugas yang diberikan guru.

Tuntutan seorang guru dalam mengelola pembelajaran daring dan luring yang efektif dan menyenangkan akan terwujud jika mampu mengatasi permasalahan dengan 4(empat) prinsip solusi.
1. Kurangi ketergantungan siswa kepada pengajar, orang tua, dan pihak lain.
2. Berikan kepada siswa bahan pembelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri.
3. Fasilitasi siswa dengan sarana belajar yang dapat disediakan oleh lembaga pendidikan dan keluarga agar dapat belajar mandiri dengan mengunakan bahan pembelajaran yang mandiri.
4. Guru harus mau terus belajar dan meningkatkan kemampuan dibidang teknologi khususnya digital tools untuk belajar interaktif.


Gambar kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) siswa SDN Sumberjaya 05 tahun 2020
 

4 komentar:

  1. in siaran ulangnya, https://www.youtube.com/watch?v=cGMwSjyvL6s&feature=youtu.be

    BalasHapus
  2. Siap pak Adam, guru harus terus mau belajar ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bu, Kegagalan yang abadi adalah kegagalan yang tak pernah dipelajari

      Hapus

RELEVANSI In House Training (IHT) KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GURU

Oleh S. Adam Abu Tsaqif Bekasi, 3 Agustus 2023           Cikal bakal Kurikulum Merdeka diawali dengan adanya Kurikulum Darurat sebagai upa...