Rabu, 28 Oktober 2020

SEMINAR NASIONAL GURU BLOGGER PGRI

 

Bapak Wijaya Kusuma (Om Jay)

Resume Singkat Sesi I

Oleh Surmanto Adam
Rabu, 28 Oktober 2020

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kegiatan SEMINAR NASIONAL GURU BLOGGER PGRI dibuka. Dilanjutkan oleh Om Jay (Wijaya Kusuma) selaku ketua Pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih untuk kawan-kawan blogger yang telah berpartisipasi untuk mengikuti Seminar Nasional Blogger PGRI. Seminar bekerja sama dengan penerbit ANDI dan disiarkan langsung oleh TVAndi.

Sebagai perwakilan peserta seminar Mr. Bams memberikan motivasi singkat  “Silakan ngeblog terus jangang berhenti tetap ngeblog!”

Penyampaian cv narasumber Pak Dedi Dwitagama dengan segudang keberhasilan yang dicapainya, Ibu Sri Sugiastuti Om Jay

Sesi 1 Bapak Dedi Dwitagama

Dedi Dwitagama , Narasumber 1 

Membuat PJJ yang Menyenangkan

Materi diharapkan mampu menginspirasi guru di situasi pageblug agar menjadi guru kreatif dan inopativ. Di era darurat seperti saat ini mas mentri pun mengatakan tak ada metode pembelajaran yang dianggap baku atau paling tepat. Semua metode pembelajaran dapat dilakukan sejauh guru mampu melakukannya.

Saat kuliah tidak ada konsep agar mahasiswa menjadi guru PJJ, jadi jika saat ini terseok-seok maka jangan bersedih, maka yang harus diperhatikan adalah memahami karakteristik anak didik kita dengan berbagai masalah yang dialami, seperti keberadaan perangkat, jaringan dan paket data. Jika kita memahami situasi anak didik maka anda harus keluar dari zona keterbatasan dengan mampu menyajikan pembelajaran yang mampu diterima oleh anak didik kita.

Ketika anak telah menyelesaikan tugas baiknya beri apresiasi atau melalukan komunikasi kepada anak didik kita mulai dari yang memiliki nilai rendah sampai nilai terbaik. Jangan terlalu berat memberi tugas pada anak dan tidak perlu juga guru mengambit peran yang terlalu berat untuk mencapai nilai idealis. Dalam situasi darurat tentu kita harus memperhatikan kemampuan kita dalam mengolah dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan. Kunci utama adalah hadirkan rasa iklas dalam PJJ.

Sebagai guru yang merasa tidak memiliki kemampuan lebih dalam meggunakan berbagai aplikasi maka cobalah ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Dokumentasikan kegiatan PPJ anda melalui Blog uploud poto kegiatan PJJ melalui blog agar anak merasa bangga dan dihargai oleh guru.

 

Ibu Sri Sugiastuti

Ibu Sri Sugiastuti, Narasumber 2 

Menyampaikan Ucapan rasa syukur terlaksananya kegiatan Seminar Bloger Nasional.

Ucapan bangga kepada Om Jay yang telah konsisten untuk menyelenggarakan kegiatan Belajar Menulis. Kegiatan ini merupakan usaha Om Jay untuk mempasilitasi guru dalam kegiatan belajar menulis secara daring.

Kegiatan yang dilakukan adalam peserta membuat resum buku sehingga guru mampu menulis dan berkolaborasi untuk menulis. Kegiatan yang digagas Om Jay tentu akan sangat membantu para guru yang semula kurang memiliki kepercayaan diri dapat teratasi. Diharapkan dari resum buku yang dibuat para guru dapat diterbitkan menjadi sebuah buku.

Dimasa Pandemi memaksa kita untuk mampu menghadirkan dan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan. Peran bu Kanjeng dalam kelas menulis memang sangat membantu peserta menulis. Boleh dikatakan sebagai kompor untuk membakar api semangat para penulis pemula. Banyak hal yang telah dilakukan Bu Kanjeng diantaranya  mengajak para peserta untuk mengikuti tantangan sebagai curator. Kegiatan ini ternyata mendapat sambutan hangat dari berbagai daerah bahkan mampu memotivasi para guru di daerahnya masing-masing.

Banyak solusi yang didapat ketika guru menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi baik ketika melaksanakan PJJ maupun proses belajar menulis sampai pada penerbitan sebuah buku resume.

Maaf Sesi 2 ada kendala, 

12 komentar:

  1. Balasan
    1. Maaf Om Jay sesi 2 tidak tuntas sebab perangkat mendadak suaranya samar setelah terima telp whatsApp teman. Jadi saya penggal saja

      Hapus
  2. Semangat terus nak.. Kelak karyamu akan dikemas menjadi buku..

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih Pak Dedi, mentor yang memberi motivasi saya, ingat nasihat bapak NGEBLOG AJA DULU

      Hapus
  4. Menambah ilmu, walau belum bisa fokus di wanya, sehingga banyak ketinggalan

    BalasHapus
  5. Pesan Penting Untuk Peserta seminar nasional guru Blogger Indonesia

    Yth Bapak/Ibu yang Budiman, Untuk mendapatkan sertifikat peserta semnas guru blogger PGRI, bapak dan ibu dapat menonton siaran ulang kegiatan semnas di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Kemudian bapak/ibu dapat mengisi daftar hadir online di Link Daftar Hadir : http://bit.ly/DAFTARHADIR-semnaspgri

    Setelah itu, bapak/ibu dapat mengunduh sertifikat dan prosesnya cukup makan waktu karena ada lebih dari 3000 guru yang mendaftar acara semnas ini dan bila namanya belum ada, kemungkinan masih menunggu antrian di https://drive.google.com/drive/folders/1E6kkLxcUjgC40xPZtjNqqlIVu8HTL0Pm

    Ingatlah selalu pesan pak Dedi, Pak AGus, Pak Namin, bu Kanjeng, dan Omjay. Kalau perlu ulang kembali materi mereka di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Sertifikat adalah bonus dari kita mengikuti kegiatan semnas, namun hal yang terpenting kita dapat berburu ilmunya. Sebab guru adalah pendidik dan bukan pemburu sertifikat. Insya Allah bila kompetensi bapak ibu meningkat, maka akan segera naik pangkat dan derajat. Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu pengetahuan.

    Ikutilah lomba blog dalam rangka memeriahkan sumpah pemuda dan bulan Bahasa di https://www.gurupenggerakindonesia.com/ikutilah-lomba-blog-dalam-rangka-memeriahkan-bulan-bahasa-dan-sumpah-pemuda/

    Terima kasih sudah mengikuti semnas guru blogger PGRI. Semoga semakin banyak guru yang memiliki blog dan mengelolanya dengan baik sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi tidak membosankan.

    Salam Blogger Persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Om Jay atas nasihatnya. Kebanggaan saya pernah satu almamater di UNJ meski jauh jaraknya saya di D2 PGSD lulus 2008

      Hapus

Menilik Kisah Inspiratif Ibu Jamila K. Baderan, M.Pd.

  Ibu Jamila K. Baderan, M.Pd. Resume_17 Oleh Surmanto Adam Alihkan Fokus Sebagian orang cukup puas dengan apa yang sudah diraihnya, meski...