Minggu, 18 Oktober 2020

Tips Mr. Bams


Mengelola Blog Dengan Satu Kata Bahagia 



Oleh Surmanto Adam
Minggu, 18 Oktober 2020

Antara Resume dan Ke Dokter 

Tsaqif mengalami demam tinggi, saat yang bersamaan aku harus mengikuti kuliah menulis secara online. Konsentrasiku agak terpecah, namun sementara ini aku harus fokus pada Si bungsuku. Bersyukur kegiatan rutin kuliah menulis secara online dilaksanakan melalui pesan WhatsApp. Tugas membuat resume pun fleksible dapat diserahkan kapan saja. Segera jasa Tsaqif ku larikan ke klinik yang biasa tempat kami berobat. 

Bersyukur tidak ada pasien yang menunggu antrian, mungkin karena selepas hujan tadi belum banyak yang datang. "Silakan masuk Pak Adam!", panggilan itu datang dari arah ruang periksa. Pak Surahman dokter yang sudah tergolong akrab dengan keluargaku. Beliau tinggal berhadapan dengan klinik Yahdi di daerah Mangunjaya. Wajar saja jika sudah mengenal betul aku dan keluargaku, sebab sejak anak pertamaku Syahiir jika demam selalu aku meminta bantuan beliau.

Demam Tsaqif sampai 39 derajat celcius, namun aku bersyukur pisik anakku tergolong kuat. Kalau kata orang di kampungku anak usia Tsaqif jika demam itu pertanda mau pintar. Entah apa pun namanya bagiku masih sebagai mitologi. Hasil diagnosa Tsaqif mengalami radang entah apa yang membuat kami lalai menjaga kondisi kesehatan Si Bungsu ini. 

Selesai berobat ku pacu metik tuaku dengan perlahan. Sepanjang perjalanan Tsaqif ngoceh saja, pada hal ia belum minum obat. Sugesti atau keyakinan seseorang terhadap sesuatu yang baik terkadang menjadi doa. Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk selalu berpikiran baik atau positive thinking. 

Resume Menantiku

Ratusan pesan WhatsApp muncul pada gawaiku, itu semua dari berbagai grup yang aku ikuti. Fokus pada satu grup menulis gelombang 16 ternyata sudah begitu banyak pesan yang kulewati. Satu per satu pesan kubaca dengan teliti, namun kali ini pesan narasumber berupa voice note. Sebelum aku mulai membuat resume ada baiknya kutandai dengan bintang dengan harapan pesan tersebut tidak ikut terhapus. 

Kali ini Pak Bambang Purwanto yang akrab disapa Mr. Bams narasumber kuliah menulis online angkatan 16. Om Jay memberi pengantar singkat sebagai pembuka kegiatan belajar sebelum diserahkan kepada Ibu Aam Nurhasanah sebagai moderator.

Pada sebuah blog Pena Mr. Bams  nama lengkap Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr.dan beliau kelahiran Bandung, 6 April 1974. Saat ini beliau merupakan pengajar tetap pada SMP Taruna Bakti Bandung dengan segudang pengalaman baik formal maupun non formal. Yang tidak kalah hebatnya dari seorang Mr. Bams adalah banyaknya penghargaan yang diraih. Beliau juga merupakan pakar IT dan ahli dibidang wordpress.

Mr. Bams merupakan salah satu peserta Belajar Menulis pada gelombang 8 bersama Ibu Aam Nurhasanah. Awal pengantar beliau, setelah membuat blog maka jadikan blog sebagai media bagi kita untuk menulis tentang apa saja. Dan  peserta menulis dianjurkan memiliki blog serta mengelolanya secara konsisten.

Di masa pandemi beliau membuat beberapa kelas blog wordpress yang awalnya berbayar. Pada beberapa bulan terakhir tidak berbayar sebab dapat dipelajari melalui tutorial youtube. Dengan demikian peserta dapat belajar setiap satu minggu sekali. Hal yang menarik saat berbagi beliau mengawali dengan kalimat bahagia, keinginan itu agar dengan kalimat itu dapat benar-benar bahagia. Walau tidak mudah bagi beliau untuk membuat kalimat bahagia namun beliau tetap mencoba dan berbagi di beberapa web yang dikelolanya.


Kalimat bahagia yang beliau buat dishare di beberapa media seperti web, instagram, facebook atau potcast cuap Mr. Bams. Apa yang dilakukan adalah untuk mengembangkan gerakan literasi, seperti Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi Nasional, Gerakan literasi Masyarakat dan Gerakan Literasi Keluarga. Dalam menulis kalimat bahagia beliau memiliki program berbagi kata semangat setiap hari Sabtu. Beliau membuat satu kalimat semangat dan kalimat bahagia untuk istri dan anaknya demikian pula beliau akan mendapat satu kalimat semangat dan kalimat bahagia dari istri dan aknaknya.

Rutinitas pada hari Jumat beliau memiliki kegiatan mengontrol bacaan Al-Quran anak-anaknya ini beliau lakukan sebagai kepala keluarga dan sebagai seorang muslim yang memegang teguh ajaran agama Islam. Dengan demikian belau mengetahui dan mencatat setiap perkembangan bacaan Al-qur'an anak-anaknya.

Sebagai materi yang disampaikan mengelola blog pada gambar yang dibuat tentu memerlukan kesabaran dan mau belajar serta sabar dalam menghadapi kesulitan. Yang terpenting konsisten dalam mengelola blog dan mengisi dengan tulisan. Dengan konsistensi mengelola blog tentu akan ada perkembangan dalam dunia menulis untuk selanjutnya jika sudah mengalami tumbuh kembang maka jangan mudah puas.

Gaya guyon Mr. Bams ada-ada saja, beliau memotivasi peserta dengan gaya bicara Bapak Mario Teduh (plesetan Mario Tuguh). Ya, memang seorang narasumber harus mampu membuat releks peserta agar tidak tegang dan monoton. 

Semoga Resume ini memotivasi kita semua untuk memulai dan konsisten menulis pada blog.


2 komentar:

RELEVANSI In House Training (IHT) KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GURU

Oleh S. Adam Abu Tsaqif Bekasi, 3 Agustus 2023           Cikal bakal Kurikulum Merdeka diawali dengan adanya Kurikulum Darurat sebagai upa...